HomeEkonomiIMNU Adakan Pelatihan Internet Marketing Gratis di Magelang

IMNU Adakan Pelatihan Internet Marketing Gratis di Magelang

Ekonomi 0 4 likes 821 views share

IMNU.or.idIMNU Adakan Pelatihan Internet Marketing Gratis di Magelang – Belum genap dua bulan setelah IMNU diresmikan, organisasi yang memiliki akronim Internet Marketers Nahdlatul Ulama’ ini bergerak cepat untuk memberikan manfaat kepada masyarakat NU, khususnya dibidang Internet Marketing. Hal ini diwujudkan dengan adanya pelatihan Internet Marketing di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang dipelopori oleh Awan Wiratno yang juga menjabat sebagai Ketua Divisi Perekonomian IMNU.

Pelatihan yang dilakukan selama dua bulan penuh mulai tanggal 22 Agustus hingga 20 Oktober 2017 ini berangkat dari keprihatinan Awan Wiratno -sebagai ketua divisi ekonomi IMNU- yang melihat masyarakat NU yang masih tidak terlalu mengenal apa itu Internet Marketing. Pria yang akrab disapa Mas Nano ini juga menyadari betul bahwa sebenarnya potensi masyarakat NU untuk berkecimpung di dunia Internet Marketing cukup besar, terlebih lagi bagi mereka yang menjalankan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Sebab, seperti yang kita ketahui sendiri bahwa sektor perdagangan atau UKM menjadi salah satu mata pencaharian paling utama sebagian besar warga NU diseluruh pelosok negeri. “UKM warga NU ini sangat luar biasa potensinya, tapi belum banyak yang menggarap. Jadi kita ingin memberdayakan mereka melalui metode internet marketing,” ungkap Mas Nano kepada NU Online pada Sabtu (27/8).

“Pelatihan ini fokusnya untuk menjualkan produk UKM milik Nahdliyin (sebutan untuk warga NU). Dengan begitu manfaatnya akan dirasakan dari hulu sampai hilir. Misalnya saya jualan suvenir, mulai yang bikin suvenir, yang tebang kayu, yang produksi, semua merasakan manfaatnya.” lanjut pria yang sudah menekuni Internet Marketing selama 11 tahun ini.

IMNU: Merubah Kemasan dan Mempertahankan Isi

Mas Nano sendiri juga menyadari betul bahwa produk-produk milik UKM para warga Nahdliyin ini mampu menggerakkan roda perekonomian yang cukup besar mulai dari Produsen hingga Konsumen, terlebih lagi dengan memanfaatkan teknologi Internet yang saat ini dan hingga seterusnya masih akan menjadi trend perdagangan di Indonesia.

Artikel IM Lainnya:  Pelatihan di Lamongan, IMNU Fokus Perbanyak Konten Positif

Dan pelatihan milik Mas Nano ini pun disambut antusias oleh para warga Nahdliyin yang memang serius ingin menekuni Internet Marketing. Sebanyak 10 orang yang berasal dari berbagai daerah di Jawa seperti Jakarta, Tegal, Purbalingga, Probolinggo, dan Magelang semangat dalam memerhatikan setiap materi yang disampaikan oleh Mas Nano dan kawan-kawan.

Dan para peserta pun menyebutkan bahwa pelatihan seperti ini sangat mudah untuk dipahami karena konsep pengajaran sendiri juga mengacu pada 20 persen teori, dan 80 persen praktik. Pengakuan ini disampaikan langsung oleh Rozi (33), peserta yang berasal dari Jakarta. “Dengan adanya pelatihan ini saya dapat ilmu yang lebih sistematis. Kalau dulunya saya otodidak, di sini saya lebih ngerti gimana sih cara bikin iklan di youtube, di google. Selain itu saya juga bisa menambah jaringan pertemanan.” ungkapnya.

Dan yang membuat para peserta bisa bernapas lega adalah pelatihan ini tidak ditarik biaya sepeser pun alias gratis, tidak seperti pelatihan yang dilakukan pada umumnya yang berbiaya cukup mahal mengingat ilmu yang di dapatkan pun cukup sulit dan tak semua orang memahaminya. Tak hanya berasal dari peserta saja, warga NU disana pun mendukung program yang sangat bermanfaat ini. Bahkan tempat pelatihan yang digunakan merupakan salah satu rumah warga yang diwakafkan untuk keperluan IMNU dan berbagai macam kegiatannya. (Muhammad Jefri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *