HomeBeritaSukses! Seminar Kiprah IMNU di Abad Informasi di Tasikmalaya Peserta Membludak
Seminar IMNU di Tasikmalaya

Sukses! Seminar Kiprah IMNU di Abad Informasi di Tasikmalaya Peserta Membludak

Berita Dakwah Edukasi 0 1 likes 612 views share

IMNU.or.idSukses! Seminar Kiprah IMNU di Abad Informasi di Tasikmalaya Peserta Membludak Untuk kesekian kalinya IMNU (Internet Marketers Nahdlatul Ulama) mengadakan pelatihan dan seminar yang dikhususkan untuk warga Nahdliyin dalam rangka memberikan pembekalan bagaimana berdakwah melalui internet, serta pemberdayaan ekonomi melalui dunia online/digital. Kali ini Kota Tasikmalaya yang mendaptkan jatah gelaran workshop IMNU, setelah sebelumnya IMNU banyak melakukan roadshow kebeberapa daerah hampir diseluruh kota dan kabupaten di Indonesia.

Acara yang ditunggu-tunggu oleh pelaku bisnis internet khususnya warga Nahdliyin jadi juga digelar pada tanggal 18/02/2018. Bertempat di Hotel Horison Kota Tasikmalaya Jawa Barat, acara bertajuk Kiprah IMNU di Abad Informasi ini sukses digelar dengan menghadirkan banyak tokoh senior pelaku Internet Marketers dari Kota-kota Besar.

Sekedar kilas balik, IMNU adalah sebuah komunitas kecil yang terbentuk atas inisiatif beberapa individu yang jiwanya terpanggil untuk berdaya bhakti kepada NU. Founding father IMNU adalah anak-anak muda pelaku bisnis online yang gerah dengan keadaan bangsa. Anak-anak muda NU yang pekerjaan sehari-harinya aktif diinternet sangat tahu dan paham betul bagaimana hoax dan fitnah-fitnah keji hampir setiap detik muncul diberanda akun media sosial, menyerang membabi-buta kepada ulama-ulama dan kyai-kayai NU.

Kegelisahan ini ternyata banyak juga dirasakan oleh generasi muda NU yang notabene tidak terdata secara struktural ada didalam keanggotaan NU, tetapi jiwa dan spiritnya sangat cinta NU karena secara historis terlahir dari keluarga NU, tetapi tidak pernah masuk kedalam keanggotaan. Bahkan sebagian anggota IMNU adalah mantan anak-anak pesantren yang terjun didunia internet Marketing. Jiwa mereka terpanggil, kemudian saling mencari teman yang masih peduli dengan NU, mereka bergerilya melalui media sosila berusaha menemukan teman-teman yang sepemikiran dan satu ide, yang didarah dan sanubarinya masih mengalir spirit NU, kecintaan kepada kyai dan ulama-ulama NU, kecintaan kepada negara dan bangsa, akhirnya terbentuklah sebuah komunitas kecil cikal bakal berdirinya IMNU.

Tak lama setelah terbentuk, IMNU langsung melakukan gebrakan. Setelah kopdar perdananya di gedung PBNU pusat (Jakarta), kemudian peresmian dan pendeklarasian berdirinya IMNU diBandung, komunitas kecil ini langsung mendapat perhatian dari khalayak terkhusus warga Nahdliyin, serta pengurus-pengurus NU, baik dipusat maupun daerah, seperti menemukan oase digurun gersang, karena kiprah IMNU sangat sejalan dengan apa yang sedang dibutuhkan NU, IMNU adalah eksekutor lapangan, orang-orang yang ikhlas yang memiliki skill dan pengetahuan memadai dibidang ilmu internet yang totalitas mau terjun berjuang memberdayakan NU, bagaimana berdakwah melalui internet, sekaligus mendulang rupiah, sebagai wujud nyata gerakan IMNU dalam rangka pemberdayaan Nahdliyin dibidang ekonomi.

Seminar gawean IMNU di Tasikmalaya ini termasuk Istimewa, karena banyak menghadirkan tokoh-tokoh besar pelaku bisnis online, serta dihadiri banyak pengurus pusat IMNU yang sengaja datang dari luar kota, khusus untuk mengikuti dan memberikan sepatah dua patah kata tentang pengalaman serta ilmu-ilmu internet marketing yang mereka miliki.

Diantara pembicara dari IMNU yang boleh dibilang sudah menjadi The Legend didunia Internet Marketing adalah Bapak Rully Kustandar, serta Oom Wientor Rahmada, dua punggawa besar di tubuh IMNU yang telah mencatatkan banyak kisah suka duka perjalanan awal mereka merintis bisnis internet marketing, serta kisah sukses gemilang dunia internet marketing yang telah mereka raih.

Artikel IM Lainnya:  IMNU Jogjakarta Sukses Adakan Pelatihan Blog Lanjutan

Tentu saja duo Legend ini saja sudah cukup membuat animo peserta seminar menjadi tinggi. Antusiasme para peserta seminar yang diikuti dari beberapa perwakilan BANOM dan Lembaga-lembaga dibawah naungan NU serta dari perwakilan Pondok Pesantren dan juga BEM mahasiswa se-Kota Tasikmalaya, sangat terlihat jelas tergambar dari keseriusan mereka dalam menyimak setiap materi-materi yang diberikan oleh para pembicara.

Bahkan menurut pihak panitia penyelenggara, Muh. A Ramdan Al-Qusaeri yang merupakan ketua IMNU Tasikmalaya, acara ini juga dihadiri oleh pelaku internet Marketer dari luar kota Tasik seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Sumedang, Kuningan, Pangandaran, Ciamis serta Purbalingga Jawa Tengah. Mereka sengaja datang menghadiri seminar.

Tanpa bermaksud mengecilkan peran pembicara IMNU lainnya yang juga adalah anak-anak IMERS yang sudah cukup punya nama didunia bisnis online, seperti Mas Cariban sang Ketum IMNU, Ustadz Fahmi Baihaqi, WAKETUM IMNU, Ahmad Imdadun Hakim (Pengasuh Pondok Spammer), M Rijal AR Sutadiredja (CV. Bang Zenk), serta mastah serta suhu-suhu lain yang tidak bisa disebut satu persatu. Beliau para suhu-suhu inipun sudah lama mengidolakn duo Legends IM, Karena duo Legends ini (Mas Rully Kustandar dan oom Wientor ) adalah memang senior dan sering memberi pelatihan-pelatihan baik secara pribadi maupun secara colongan, dengan cara sowan kerumahnya.

Tujuan diadakan acara ini adalah sesuai tema, yakni memberikan pemahaman serta pelatihan bagaimana cara berdakwah melalui internet untuk melawan hoax dan fitnah serta provokasi-provokasi yang terus dilemparkan dari kaum intoleran, yang jika dibiarkan berlarut-larut dapat menggoyang sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, bisa menhancurkan kerukunan dan keharmonisan yang selama ini telah susah payah dibina bersama.

NU sebagai salah satu ormas Islam terbesar tanah air memiliki andil besar dalam rangka ikut serta berperan aktif menjada kedamaian, dan kerukunan antar umat beragama, serta sudah teruji dan terbukti menjadi benteng terakhir pertahanan kedaulatan Pancasila dan NKRI. Sayangnya diera digital ini, NU seperti kalah langkah dan tertinggal, padahal ada jutaan umat didunia maya yang butuh binaan dari NU, agar tidak termakan oleh propaganda jahat kaum intoleran yang tidak suka dengan kedaiaman dan persatuan. Sebagaimana kita tahu, para perongrong akidah ASWAJA, para perusak kedaulatan negara dan kerukunan bangsa ini bergerak secara leluasa didunia maya.

Untuk itulah IMNU bersinergi dengan Pengurus-pengurus NU pusat dan daerah serta BANOM melakukan langkah dan gerak cepat untuk mengejar ketertinggalan itu.

Dalam sambutannya, ketua PCNU Kota Tasikmalaya memberi arahan, agar terselengaranya acara ini bisa berdampak pada semakin menguatnya tali persaudaraan, serta untuk para santri dan siapapun yang telah mengikuti seminar ini agar segera bisa mempraktekkan dan beraksi nyata berjuang dan berdakwah melalui internet.

Acara ini juga dihadiri tamu undangan khusus diantaranya Setda Kota Tasikmalaya, Kapolres Tasikmalaya Kota, Ketua MUI, dan juga perwakilan dari PT. Telkom Kota Tasikmalaya.

Semoga kedepannya acara-acara serupa bisa juga dihadirkan dikota-kota lainnya dengan harapan agar gaung dakwah Nahdliyin melalui Internet semakin terasa dan tersebar luas, karena NU masih membutuhkan sangat banyak generasi muda yang mau berjihad serius didunia internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *