DKC IMNU Kendal dan SMK NU 01 Kendal Siapkan Kerjasama Digital Enterpreuner

IMNU.or.id – DKC IMNU Kendal dan SMK NU 01 Kendal Siapkan Kerjasama Digital Enterpreuner. Kabar baik datang bagi kita semua, sebab IMNU kini tak hanya bekerja sama dengan berbagai lembaga dibawah naungan Nahdlatul Ulama’, melainkan juga akan bekerja sama dengan lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang dimaksudkan adalah SMK NU 01 Kendal, dan salah satu bentuk kerja samanya adalah membuat berbagai macam pelatihan guna menyiapkan Siswa Penggerak Digital Prenuer.

Hal ini bertujuan agar para siswa memiliki kompetensi lebih khususnya siswa-siswi kelas XII yang tak lama lagi akan lulus. “Bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebenarnya mereka dipersiapkan untuk masuk ke dunia kerja, namun pada kondisi saat ini dimana kesempatan kerja semakin berkurang membuat sebagian lulusan SMK memilih untuk melanjutkan sekolah di Perguruan Tinggi, dan sebagian lainnya mencoba keberuntungan dengan melamar pekerjaan di pabrik, dan sebagian lainnya lagi ada yang melanjutkan ke pesantren dan tidak sedikit pula yang nganggur di rumah. Masih sangat jarang yang terjun ke dunia usaha sebagai enterpreuner”, demikian seperti disampaikan Mokh Izzudin, M.Pd kepala sekolah SMK NU 01 Kendal.

Kerja sama antara SMK NU 01 Kendal dan Dewan Koordinasi Cabang IMNU Kendal ini tak hanya melibatkan siswa-siswi kelas XII saja, melainkan juga dengan siswa-siswi kelas X dan XI yang bertujuan agar siswa-siswi kelas tersebut dapat mempelajari digital marketing sejak duduk di bangku SMK.

“Untuk pembekalan siswa kelas XII hari ini sifatnya masih perkenalan, nanti akan dilanjutkan pada pelatihan yang lebih intensif lagi, silahkan bagi kelas XII mengikuti informasinya melalui WA group yang telah disediakan”, imbuh Izzudin di depan para siswa siswi kelas XII.

Tentunya untuk dapat mewujudkan kerja sama ini bukanlah hal yang mudah. Mengingat jumlah seluruh siswa di SMK NU 01 Kendal ini mencapai 869 siswa, dan tahun ini baru saja meluluskan setidaknya 287 siswa. “Namun untuk dapat mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah, banyak faktor yang menjadi kendala, untuk itulah kami menggandeng IMNU kendal agar dapat membantu mempersiapkan siswa siswi SMK NU 01 Kendal menjadi digital enterpreuner. ” sambung Izzudin.

Namun meski begitu, guna merealisasikan kerjasama ini, pada tanggal 28 Mei 2018 nanti SMK NU 01 Kendal akan membuat pelatihan Digital Marketing untuk para calon lulusan tahun ini dengan mengundang tim IMNU Kendal.

Di sisi lain, perwakilan IMNU Kendal, Mas Jamal menyambut baik bentuk kerjasama ini. Menurutnya kesempatan untuk kerja di dunia online masih sangat lebar. Tentunya hal ini bisa menjadi alternatif bagi para siswa-siswi SMK NU 01 Kendal dalam mencari pekerjaan setelah lulus sekolah.

“Kesempatan bekerja di dunia online masih sangat luas, dan sangat banyak sekali lahan garapannya, mulai dari publisher sampai dropshiper. Namun untuk siswa siswi SMK NU 01 kendal ini akan lebih kita fokuskan kepada pembelajaran tentang Digital Marketing, yang integerasikan dengan unit-unit produksi yang telah berjalan di SMK NU 01 Kendal” ungkap Mas Jamal.

“Jadi disamping anak-anak menguasai sistem pemasaran online, unit produksinya juga bisa berjalan dengan adanya transaksi dan penjualan yang dihasilkan oleh anak-anak yang dilakukan secara online.” tandasnya.

Bertekad Sejahterakan Warga Nahdliyyin dan Pesantren NU di Yogyakarta, IMNU DIY akan Gelar Ini

IMNU.or.id – Bertekad Sejahterakan Warga Nahdliyyin  dan Makmurkan Pesantren NU di Yogyakarta, IMNU DIY  akan Gelar Ini – Sejak terbentuk beberapa pekan lalu, kali ini IMNU Yogyakarta kembali menggelar pertemuan di  kediaman salah satu sesepuh IMNU.

Hal ini dilakukan disamping sebagai rutinitas pengurus IMNU Yogyakarta untuk menggelar rapat dan kunjungan secara rutin dan bergantian di jajaran pengurus internal dan keanggotaannya.

Rapat kali ini juga sebagai pemantapan atas program dan rencana kerja yang akan dilaksanakan waktu dekat ini.

Menurut Muhammad Wahib ketua IMNU Yogyakarta mengungkapkan bahwa pengurus fix akan melakukan seminar pelatihan ekonomi dalam jangka pendek, yang meliputi pelatihan online shop, blogging, desain, sosial media marketing dan mangement bisnis Offline.

Untuk awal kita rencana akan menyasar sedikitnya 6 pondok pesantren yang ada di Yogyakarta untuk mengutus perwakilannya,  database pesantren Berbasis NU yang di dapatkan pengurus sangat banyak, dan untuk perencenaan awal kita akan melibatkan dan  coba mengundang pesantren pesantren seperti ponpes Ali Maksum Krapyak, pesantren Pandanaran, pesantren Nurul Ummah kota gede, pesantren Luqmaniyah, ponpes Nur Ngrukem, ponpes Al-Munawwir dll

Tambahnya kegiatan ini akan digelar di base camp milik bapak Said Muhammad di Yogyakarta nanti.

Pengurus IMNU Yogyakarta Gelar Silaturrahim ke Kantor PWNU DIY, Lihat Ini Agendanya

IMNU.or.id – Pengurus IMNU Yogyakarta Gelar Silaturrahim ke Kantor PWNU DIY, Lihat Ini Agendanya – Pengurus internet marketers Nahdlatul Ulama atau yang biasa disingkat IMNU menggelar kunjungan silaturrahim dengan sowan ke pengurus wilayah Nahdlatul Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hal ini dilakukan sekaligus untuk meminta restu kepada para kyai dan pengurus wilayah Nahdlatul Ulama di kota Jogjakarta, disamping itu acara kunjungan ini juga sebagai bentuk sosialisasi kehadiran awal IMNU di kota Gudeg.

IMNU sendiri merupakan sebuah wadah untuk kalangan Nahdliyyin yang akan berkontribusi khususnya dibidang ekonomi melalui dakwah di media online, dengan maksud tujuan utamanya yakni untuk kesejahteraan warga Nahdliyyin.

Menurut Muhammad Wahib ketua IMNU Yogyakarta mengungkapkan bahwa kunjungan dan silaturrahim ini dilakukan tidak lain pertama sebagai wujud tradisi dan kebiasaan kita, untuk meminta petunjuk, masukan dan saran serta restu kepada sesepuh dan para kyai.

Tambahnya bahwa, juga ini tidak lain agar IMNU dan PWNU serta pesantren pesantren yang ada di Yogyakarta kedepan bisa bekerjasama dan saling mendukung untuk kesejahteraan warga nahdliyyin yang lebih baik.

Sementara menurut  Muhaimin wakil ketua IMNU Yogyakarta mengatakan bahwa dalam kunjungan dan Silaturrahim ini kita disambut dan diterima dengan baik oleh sekretaris tanfidzyah PWNU, ada beberapa masukan dari  PWNU yang sudah kita tampung, dan kedepannya kita akan eksekusi.

Dalam rangkaian agenda silaturrahim bertajuk sosialisasi IMNU ini, turut hadir pengurus pusat IMNU, Moh Mufid Muwaffaq didepan pengurus PWNU DIY dan IMNU Yoygakarta menjelaskan terperinci mengenai project pasar ijo yang sementara berlansung dan telah digagas oleh IMNU.

Melalui Ustadz Mukhtar Salim M.Ag selaku sekretaris tanfidzyah PWNU mengapresiasi rancangan serta program yang akan dilakukan oleh IMNU pusat maupun IMNU Yogyakarta ini.

Ketua PBNU: IMNU Harus Aktif Lawan Radikalisme dan Hoax di Dunia Maya

IMNU.or.id – Ketua PBNU: IMNU Harus Aktif Lawan Radikalisme dan Hoax di Dunia Maya – Hari ini, IMNU Pusat mempunyai kesempatan untuk bertemu dengan KH. Said Aqil Siroj di kediaman beliau di daerah Jakarta Selatan. Pertemuan yang dihadiri oleh Wakil Ketua IMNU Fahmi Baihaqi, Sekretaris Jenderal IMNU Baldanur Baharuddin dan beberapa Ketua Divisi IMNU pusat.

Pada pertemuan ini Pengurus IMNU mensosialiasikan mengenai IMNU dan Project Pasarijo.Pasarijo sendiri merupakan salah satu program utama IMNU yang digarap oleh Divisi Perekonomian IMNU. Dikomandoi oleh Om Nano, dengan adanya project Pasarijo ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi para UMKM warga Nahdliyin dalam memasarkan produk mereka secara online.

Dan Alhamdulillah, dalam pertemuan yang diadakan hari ini di kediaman Buya KH. Said Aqil Sirodj, Jakarta Selatan, beliau menyambut baik program ini serta mendukung dan merestui secara penuh. Beberapa program IMNU lainnya pun disambut dengan terbuka oleh beliau. Bahkan beliau berencana akan mengajak pengurus IMNU untuk sowan kepada Kapolri dan beberapa instasi terkait yang ada kaitannya dengan Cyber.

Dengan membawa nama Nahdlatul Ulama’, Buya KH. Said Aqil Sirodj menaruh harapan besar bagi IMNU untuk berkontribusi khususnya dibidang ekonomi warga Nahdliyin. Mengingat seiring dengan perkembangan zaman, roda perekonomian semakin beralih dari konvensional ke digital.

IMNU Banyumas dan PAC GP Ansor Kembaran Mengadakan Pelatihan Internet Marketing

IMNU.or.id – IMNU Banyumas dan PAC GP Ansor Kembaran Mengadakan Pelatihan Internet Marketing – Perubahan adalah sunatullah. Mereka yang tidak siap dengan perubahan lama kelamaan akan tergerus oleh perkembangan zaman yang luar biasa cepat. Hal ini pulalah yang mendasari GP Ansor PAC Kecamatan Kembaran Banyumas untuk mengadakan kegiatan pelatihan internet marketing bersama IMNU Banyumas dengan pembicara Teguh Sarwono Komisaris Utama Kombas Banyumas pada hari Minggu, 22 April 2018.

Pelatihan internet marketing  tersebut dilaksanakan di SMK Maarif Kembaran yang terletak di komplek Pondok Pesantren Mambaul Ushulil Hikmah Linggasari Kembaran Banyumas asuhan Romo Kyai Sangidun. Dalam pelatihan yang diikuti oleh 121 peserta ini, didominasi oleh santri, Keluarga Mahasiswa NU ( KMNU ) serta guru SMK Maarif dan Asatidz serta  dihadiri oleh Wakil Ketua PW Ansor Jawa Tengah H Faisal Riza M.Si, Ketua PAC GP Ansor Kembaran Elli Yulianto dan wakil sekretaris PC GP Ansor Banyumas.

Di dalam sambutannya, Wakil ketua PW GP Ansor Jawa Tengah mengatakan bahwa teknologi informasi dan internet sudah tidak terpisahkan dari masyarakat dunia khususnya Indonesia. Karenanya, beliau menekankan pada  para peserta untuk dapat menguasai internet guna membangun bangsa Indonesia, melawan berita hoax, dakwah dan peningkatan ekonomi melalui bisnis online. Hal tersebut senada dengan harapan ketua PAC GP Ansor Kembaran, beliau berharap pelatihan internet marketing bisa intens dilakukan dan merambah minimal tiap kecamatan.

Pada kesempatan tersebut juga, Koordinator IMNU Kab Banyumas, Priyono menjelaskan  “ Program pelatihan internet marketing NU adalah bentuk kepedulian kita terhadap warga Nahdliyin agar bisa optimal dalam memanfaatkan Internet serta mampu membangun ekonomi masyarakat dengan prinsip Produk Lokal Go Nasional “ jelas kader Ansor yang kini juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris PC GP Ansor Banyumas

“Kedepannya, kami memiliki target untuk dapat membantu UKM  – UKM lokal agar produknya bisa dipasarkan secara online sehingga dapat meningkatkan penjualan UKM tersebut yang secara otomatis akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat khususnya warga Nahdliyin “ Kata Ketua Panitia Rizki Indra Maulana.

IMNU sebagai wadah para internet marketers NU mulai terlibat aktif dalam peningkatan ekonomi kerakyatan dengan memanfaatkan teknologi Internet sebagai media pemasaran. Hal ini merupakan implementasi dari kaidah NU yaitu al-muhafadhotu ‘ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah” memelihara tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik.

IMNU Makassar Siap Wujudkan Ekonomi Mandiri Warga Nahdliyin

IMNU Makassar Siap Wujudkan Ekonomi Mandiri Warga Nahdliyin – Meski baru seumur jagung, namun nyatanya IMNU memberikan peran penting terhadap lembaga Nahdlatul Ulama’. Salah satu peran penting yang sudah kita ketahui sebelumnya adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat Nahdliyin di bidang Digital Marketing.

Jika selama ini berbagai macam pelatihan dan seminar banyak dilakukan di pulau Jawa, namun IMNU melebarkan sayapnya di pulau Sulawesi tepatnya di Kota Makassar. Sebab pada tanggal 20 April 2018 lalu, bertempat di Cafe Con Fie beberapa pemuda NU mendeklarasikan berdirinya IMNU Makassar. Deklarasi ini di pimpin langsung oleh Sekretaris PB IMNU, Baldan Burhanudin.

Dalam kesempatan kali ini Haris Tompo ditunjuk sebagai ketua IMNU Makassar, menurutnya dengan adanya IMNU di Kota Makassar ini dapat memberikan ruang kepada para sahabat IMNU dan masyarakat NU secara khusus dan masyarakat Makassar secara umum untuk mampu berlajar memanfaatkan internet. Sebab di era seperti ini Internet sangat bermanfaat sekali sebagai ajang dakwah dan meraup rupiah.

Senada dengan sang ketua, bendaraha IMNU Makassar yakni Nur Asinta Baharuddin juga menuturkan IMNU Makassar siap menjalankan berbagai macam program dan beberapa program unggulan. “Selain pembentukan pengurus baru dalam agenda rapat ini, juga ada tiga target program unggulan  yang kita sudah sepakati dan bangun diawal.” tuturnya.

Salah satu program utama ialah melakukan silaturahmi (sowan) kepada para Kyai dan tokoh penting NU di Kota Makassar untuk mensosialisasikan IMNU. Sebab hampir sebagian besar program IMNU Makassar melibatkan Pesantren sebagai mitra kerja sama.

“Semoga nantinya bisa memberikan dampak ekonomi terhadap kemajuan dan pembangunan  fisik maupun non fisik yang ada di pondok pondok pesantren NU di Makassar”. tambah pengurus Fatayat NU Makassar itu.