IMNU Sukabumi Kembali Adakan Pelatihan Dakwah Santri Digital

Ketua IMNU Pusat Memberikan Pelatihan di Sumedang

IMNU.or.idIMNU Sukabumi Kembali Adakan Pelatihan Dakwah Santri Digital – Belum genap empat bulan, IMNU kembali mengadakan pelatihan dakwah santri digital di kabupaten Sukabumi tanggal 28/03/2018. Kegiatan yang mengusung tema : mewujudkan generasi milenial meneguhkan kedaulatan digital, kali ini diadakan di Pondok Pesantren Al-Masthuriyah yang dihadiri oleh sekitar 100 orang lebih, yang terdiri dari Mahasiswa, IPNU, IPPMU, PMII, dan para santri.

Pelatihan kali ini juga diisi materi oleh ketua pusat IMNU Cariban Gaban, dan Anes Eko Setiawan seorang youtube expert dan SEO.

Peserta Pelatihan Sumedang Peserta Pelatihan Sumedang

Di dalam pelatihan ini, suhu (sapaan akrab master) Cariban Gaban, mensosialisasikan komunitas Internet Marketers Nahdlatul Ulama (IMNU), serta menumbuhkan kesadaran akan kedaulatan aswaja di dunia digital. Selain itu, suhu Anes Eko Setiawan juga menyampaikan materi yang sangat menarik, yaitu creative youtube dan brain storming internet marketing. Suhu Anes memang spesialis mendulang rupiah lewat youtube, dan adsense.

Dengan adanya pelatihan ini, IMNU berharap kesadaran nahdliyin khususnya di kabupaten Sukabumi untuk mempertahankan kedaulatan NKRI dan aswaja dari serangan faham non aswaja yang telah lebih dulu menguasai jagat digital, khususna di halaman pertama google, youtube, facebook, dan media sosial lainnya. [Ichsan]

Resmi Terbentuk, IMNU Yogyakarta Siap Konsolidasikan Gerakan

IMNU.or.id – Resmi Terbentuk, IMNU Yogyakarta Siap Konsolidasikan  Gerakan – Para warga dan pemuda NU yang tergabung dalam Internet Marketers Nahdlatul Ulama atau biasa disingkat IMNU cabang wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar rapat perdana dengan agenda pembentukan struktur kepengurusan baru. Kegiatan ini berlansung di Joglo kafe, Umbulharjo kota Yogyakarta Senin 26/3/18.

IMNU Yogyakarta adalah wadah yang menghimpun para pegiat bisnis usaha yang bergerak di bidang media internet dan daring online. Anggotanya keseluruhan merupakan anak muda dari kalangan Nahdliyyin.

Menurut Muhammad Wahib selaku ketua IMNU DIY mengungkapkan bahwa pembentukan struktur kepengurusan ini dalam rangka memberi ruang kepada teman teman atau masyarakat NU di Yogyakarta.

Untuk aktif dan turut serta menggunakan internet sebagai sarana dakwah dalam menyebarkan dan menyampaikan informasi yang shahih kepada masyarakat.

Sekaligus ini juga sebagai langkah awal anak muda NU untuk lebih menghidupkan lagi basis ekonomi kerakyatan bagi kalangan warga NU khususnya, dan Masyarakat Yogyakarta pada umumnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Mustaqim selaku bendahara IMNU Yogyakarta ia mengatakan bahwa‘’ Selain pembentukan pengurus baru dalam agenda rapat ini, juga ada tiga target program unggulan  yang kita sudah sepakati dan bangun diawal.

Pertama ialah program silaturahim alias sowan ke pengurus PWNU wilayah maupun cabang se-Yogyakarta, kedua mensosialisasikan semaksimal mungkin, agar kedepan aktivitas dan pengajian pengajian di pesantren di Yogyakarta bisa live streaming, dan terakhir kita mau mengenalkan serta mengajarkan para santri dan pondok pesantren mengenal internet marketers

”yang semoga nantinya bisa memberikan dampak ekonomi terhadap kemajuan  dan pembangunan  fisik  maupun non fisik yang ada di pondok pondok pesantren Nu di Jogja”. Tandas alumni pesantren Annahdlah NU  itu, seperti dikutip dari laman tribunnews.makassar.com

Seminar IM IMNU Demak dan Himpunan Santri Pengusaha Indonesia

IMNU.or.id – Seminar IM IMNU Demak dan Himpunan Santri Pengusaha Indonesia – Seiring dengan perkembangan zaman, pola perputaran ekonomi dari yang konvensional akan semakin beralih ke Digital. Di Indonesia sendiri tak banyak orang yang mengetahui hal ini. Hadirnya IMNU salah satu misinya adalah untuk memberikan edukasi mengenai Internet Marketing yang ada di Indonesia. Dan hal ini dimanfaatkan betul oleh beberapa IMNU Demak, Jawa Tengah untuk mengadakan Workshop IM hasil kerjasama dengan Himpunan Santri Penguasaha Indonesia (HIPSI).

Dalam Workshop IM ini dihadiri langsung oleh Ketua Divisi Kaderisasi IMNU, kang Muzakka Ahmad, dan juga Ketua Divisi Ekonomi IMNU, kang Nano Payaman. Tak ketinggalan salah satu anggota yang sukses menekuni bidang Adsense Youtube yakni Mustofa Nabhan. Ketiganya memberikan beberapa materi seminar dan workshop bagaimana cara mendulang rupiah melalui internet.

Seperti yang dilakukan oleh Kang Nano Payaman yang memberikan berbagai macam tips jualan produk secara online karena memang beliau khusus menekuni bidang tersebut. Lain halnya dengan kang Muzakka dan kang Nabhan yang memberikan pelatihan menjadi seorang Youtuber handal karena keduanya merupakan ahli di bidang Youtube Indonesia.

Acara yang diselenggarakan di Ponpes Al Fattah Demak  ini mendapatkan respon yang sangat tinggi dari para peserta. Antusiasme peserta tak luntur meski mendapatkan materi dalam durasi waktu yang cukup lama. Di lain kesempatan, Ketua IMNU Demak yaitu Eko Siswanto menaruh harapan yang tinggi dalam seminar dan workshop ini.

“Semoga dengan seminar dan pelatihan Internet Marketing mampu menciptakan pengusaha-pengusaha online muda sehingga akan meningkatkan perekonomian mereka pada khususnya dan Kabupaten Demak pada umumunya.” tandasnya seperti dilansir dari laman SuaraKeadilan.net.

Kader GP Ansor Jaktim Meraup Rupiah dengan Internet

Kader GP Ansor Jaktim Meraup Rupiah dengan Internet

IMNU.or.idKader GP Ansor Jaktim Meraup Rupiah dengan Internet – Pimpinan Cabang GP Ansor yang ber markas di daerah Cibubur Jakarta Timur yang tepatnya beralamat di Jalan Raya Jambore NO.93 Rukan Jambore Park Lantai 1 yang di nakhodai oleh Panglima Ansor Jaktim KH. Mahmud Muzofar. Pada kali ini Pimpinan Cabang GP Ansor Jaktim menggelar acara/kegiatan di bidang teknologi informasi yang berbentuk training atau pelatihan internet. Pelatihan ini dihadiri oleh kader kader Ansor Jakarta Timur yang terdiri dari 10 (Sepuluh) Pimpinan Anak Cabang yang tersebar di seluruh wilayah kota administrasi Jakarta Timur yang berjumlah 30 orang kader Ansor. Kegiatan tersebut berlangsung 1 Hari Full dari pukul 09.00 hingga pukul 20.00 WIB.

Kegiatan Pelatihan Internet ini merupakan kegiatan yang telah diagendakan pada program kerja tahunan PC GP Ansor Jaktim. PC GP Ansor Jaktim dalam hal ini Panglima Ansor Jaktim berkomitmen untuk terus mensupport kegiatan positif kader kader Ansor Jaktim dalam hal pemberdayaan kader, apalagi pada saat saat ini dunia internet menjadi media informasi untuk segala bidang baik dalam bidang agama,politik,hukum,sosial,budaya terlebih lagi bidang ekonomi.

Program ini bertema “Pelatihan Cyber dan Internet Marketing”. Pada kesempatan kali ini Ansor Jaktim dalam pelaksanaan program tahunan nya di Support penuh oleh Internet MarketersNahdlatul Ulama (IMNU). Pihak IMNU menghadirkan Narasumber yaitu praktisi praktisi internet yang handal pada bidangnya masing masing dan telah meraih profit besar dari dunia internet tentunya dengan cara berjualan via internet. Praktisi Internet tersebut adalah Sahabat Anes E.S yang mumpuni di bagian google adword dan Sahabat Asyrof Elf yang jago jualan dan punya banyak produk serta berpenghasilan setengah milyar dari satu produk yang dijualnya lewat internet.

Dengan adanya kegiatan pelatihan internet tesebut diharapakan kader kader Ansor khususnya Ansor Jaktim dapat meraup keuntungan dari dunia internet. “Program pelatihan ini juga akan diadakan sebulan sekali untuk merefresh ilmu yang telah didapat di pelatihan kemarin ungkap Sahabat Kukuh yang berkedudukan sebagai ketua Bidang IT PC Ansor Jaktim dan sekaligus Wakil Sekretaris PC GP Ansor Jaktim. Kedepannya akan banyak lagi kegiatan yang akan diadakan oleh tim IT GP Ansor dan semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan mudah diaplikasikan pada kegiatan sehari hari dan banyak meraup Rupiah.

RAPIMNAS, IMNU Hasilkan AD/ART dan Rencana Pengembangan Komunitas

Penyerahan Hasil RAPIMNAS Oleh Pimpinan Sidang ke Ketua Umum

IMNU.or.id – RAPIMNAS, IMNU Hasilkan AD/ART dan Rencana Pengembangan Komunitas – Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kemudahan dan kelancaran di acara RAPIMNAS IMNU ini. Pertama kali di selenggarakan, RAPIMNAS berjalan lancar tanpa suatu hambatan berarti. Salah satu tujuan penting di dalam RAPIMNAS kali ini adalah menjadikan IMNU sebagai organisasi yang profesional. Sebab agenda utama dalam pertemuan kali ini adalah membahas mengenai AD/ART Organisasi dan sebagainya.

Acara yang diselenggarakan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah ini juga mendapatkan respon yang positif dari PCNU Kota Pekalongan. Dalam pembukaannya, Ketua PCNU Kota Pekalongan H. Muhtarom mengisyaratkan bahwa generasi NU dimasa ini dan masa yang akan datang harus melek teknologi. Mengibarkan bendera dakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah di berbagai macam sosial media.

Beliau juga berpesan agar warga Nahdliyin mampu memanfaatkan teknologi Internet untuk menunjang penghasilan mereka. Menurut penulis hal ini disebabkan dengan berpindahnya alur ekonomi di Indonesia dari konvensional ke digital. Dalam pembukaan RAPIMNAS IMNU ini juga diluncurkan Media NU baru bernama Kasyaf.com yang bisa anda temui di PlayStore. Kasyaf.com ini adalah media NU berbasis Android dan Web hasil kerja sama antara PCNU Kota Pekalongan dengan IMNU Tegal yang akan kita bahas lebih detail di artikel selanjutnya.

Beberapa poin penting hasil RAPIMNAS IMNU Ke-1 yang berhasil penulis rangkum adalah sebagai berikut :

Keputusan RAPIMNAS IMNU Ke-1

1. Penetapan AD/ART dan GBHO IMNU.

Tentunya sebagai organisasi yang profesional, IMNU harus memiliki beberapa aturan dan landasan kerja yang dimuat dalam AD/ART dan GBHO IMNU. Dengan adanya draft ini, semakin memudahkan IMNU untuk menjadi organisasi yang berbadan hukum layaknya organisasi profesional lainnya.

2. Pemantapan Visi Misi IMNU

Visi :

Menjadi Komunitas Internet Marketers Terbaik Di Indonesia

Misi :

  • Melakukan edukasi dunia digital kepada warga nahdliyin untuk keperluan dakwah
  • Memanfaatkan dunia digital untuk mewujudkan kemandirian ekonomi
  • Memperkaya dunia digital dengan konten konten aswaja.
  • Mencetak sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam dunia digital.
  • Turut memberikan kontribusi dalam menjaga stabilitas dunia digital dari konten-konten negatif.

3. Pelebaran sayap IMNU di berbagai daerah.

RAPIMNAS IMNU yang dihadiri sekitar 35 orang dari berbagai penjuru daerah di tanah air juga menghasilkan keputusan untuk menetapkan Pengurus IMNU Wilayah dan Pengurus IMNU Cabang. Tak hanya berasal dari daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, bahkan para peserta banyak yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta. Tak ketinggalan daerah Banten, Sumatera, dan Sulawesi juga turut hadir menyemarakkan RAPIMNAS IMNU yang pertama ini. Berikut ini daftar daerah yang sudah terdapat pengurus cabang IMNU di dalamnya.

1. Banten

  • Pandeglang : Abdul Wahid
  • Tangerang : Anes Eko Setiawan

2. Jawa Barat

  • Garut : Nasrul
  • Cirebon : Zainul Haq
  • Tasikmalaya : M. Asep Khusairi
  • Pangandaran : Imdadun Hakim
  • Sukabumi : Hotmen
  • Subang : Zainal Mukarrom
  • Bandung : Yopi Purnama
  • Sumedang : Aditya
  • Kuningan : Arya Damar

3. Jawa Tengah

  • Brebes : Hamid Maulana
  • Tegal : Ali Fikri Mubasyir
  • Pekalongan : Falahi Sidqi
  • Semarang : Khusnul Marom
  • Purbalingga : Miswanto
  • Banyumas : Priyo (AK Syifa Syafi’i)
  • Magelang : Toyyib Rizki
  • Demak : Eko Siswanto
  • Pati : Suparyono
  • Kendal : Jamal

4. Yogyakarta : Muhammad Wahib

5. Jawa Timur

  • Gresik : Ja’far Shodiq
  • Surabaya : M. Jefri
  • Jombang : Abdul Syakur
  • Lamongan : Zubaidillah Syafi’i
  • Ponorogo : Ahmad Nurul Mubarok
  • Tuban : Ardi
  • Kediri : Angger Aditya
  • Sidoarjo : Anas Salkho Baha’i

6. DKI Jakarta : Imran Prasetya

7. Sulawesi : Baldan Nur Burhanudin

8. Sumatera : Nurdianto

Kabar baiknya, jika teman-teman ingin memberikan rekomendiasi pelatihan Internet Marketing jelas akan semakin mudah jika melalui pengurus cabang IMNU. Kalaupun di daerah teman-teman belum ada pengurus cabang IMNU, teman-teman bisa mengajukan ke pengurus IMNU Pusat.

4. IMNU akan segera Merilis E-KTA untuk seluruh anggota.

Kartu Tanda Anggota jelas menjadi salah penunjang yang penting bagi profesionalitas suatu organasiasi. Dengan memanfaatkan media Web dan Android, IMNU berencana akan segera merilis E-KTA untuk seluruh anggota baik di lingkungan pusat hingga cabang.

5. Pemantapan kurikulum Seminar / Workshop tentang Internet Marketing

Saat ini beberapa pengurus IMNU Pusat sedang merumuskan kurikulum untuk Seminar / Workshop tentang Internet Marketing. Kurikulim ini sangatlah berguna untuk menjadi dasar pelatihan. Sebab peserta pelatihan berasal dari kalangan serta pengetahuna internet marketing yang berbeda-beda.

Nah, itulah ulasan rangkuman penulis tentang Laporan Rapimnas IMNU Ke-1. Mari tegakkan bendera dakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyan di sosial media. Dan petik manfaat dunia digital secara bersama-sama. Terima Kasih 🙂

IMNU Akan Selenggarakan RAPIMNAS Pada 17-18 Maret 2018

IMNU.or.id – IMNU Akan Selenggarakan RAPIMNAS Pada 17-18 Maret 2018 – Belum genap setahun IMNU berdiri, komunitas yang memiliki akronim Internet Marketers Nahdlatul Ulama’ ini kembali bergeliat. Dalam waktu dekat IMNU akan mengadakan acara RAPIMNAS dengan tema “Mengawal NKRI dan Meneguhkan Faham Ahlussunah WAl Jama’ah Annahdliyah di Dunia maya di Pekalongan, Jawa Tengah. Acara yang rencananya akan dilangsungkan pada tanggal 17-18 Maret 2018 ini disambut antusias oleh seluruh pengurus dan sahabat IMNU.

Sebab dalam acara kali ini akan membahas banyak hal. Mulai dari strategi pemantapan ekonomi pesantren dan warga Nahdliyah, edukasi Internet Marketing secara bertahap di berbagai daerah, hingga membahas isu – isu terkini yang sedang ramai diperbincangkan di jagat Sosial Media.

Terlebih lagi, sudah lima bulan IMNU belum mengadakan pertemuan dalam skala nasional. Karena pertemuan para pengurus IMNU selama lima bulan terakhir dilaksanakan dalam skala daerah saja. RAPIMNAS pertama IMNU ini juga akan mengevaluasi sejauh mana program-progam kerja IMNU telah dijalankan. Sebab selayaknya organisasi lain, pasti ditemukan kendala dalam menjalankan program kerja baik dari sisi teknis maupun non teknis.

Kabar baiknya, pada RAPIMNAS IMNU yang pertama ini juga mengundang seluruh Sahabat IMNU dari berbagai penjuru tanah air. Tujuan utamanya adalah untuk bersama-sama berkhidmah di NU. Tak hanya itu saja, para sahabat IMNU juga bisa mendapatkan pembekalan materi Internet Marketing sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Dan yang paling utama adalah bagaimana kita bisa memperjuangkan bendera Nahdlatul Ulama’ di jagat sosial media. Seperti yang kita ketahui sendiri, hampir seluruh sosial media kini dijadikan sebagai alat penebar fitnah (hoax) baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan politik. So, mari hadir di RAPIMNAS IMNU ke-1, kita kawal NKRI dengan faham Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah. Dan mari kita wujudkan islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin.

Form pendaftaran bisa diisi dengan membuka link di halaman berikut >> REGISTRASI RAPIMNAS IMNU

IMNU Ponorogo Kembali Sukses Menggelar Pelatihan Online Shop

IMNU Ponorogo Kembali Sukses Menggelar Pelatihan Online Shop

IMNU.or.id – IMNU Ponorogo kembali sukses menggelar Pelatihan Online Shop – Cuaca cerah pada siang hari itu (3/3) sejalan dengan suasana hati panitia gelaran Pelatihan Santri Olshop. Ya, IMNU Ponorogo, yang baru saja dibentuk, pada hari sabtu kemarin mengadakan pelatihan online marketing yang bertajuk “Pelatihan Gratis Santri Olshop”. Bertempat di Aula Kampus INSURI Ponorogo, pelatihan tersebut mendatangkan Kang Ichvan Setiawan, yang biasa disapa Kang Ivan, senior pelaku bisnis Online dari Magelang.

Ichvan Setiawan bersama Banser Ponorogo

Pelatihan santri olshop kali ini mengambil tema “ Wujudkan kemandirian umat demi tegaknya islam    ”. Cukup besar antusiasme warga Ponorogo dalam mengikuti pelatihan ini. Terbukti, dari 40 kuto peserta yang ditetapkan panitia hadir lebih dari 50 orang. Pesertanyapun juga beragam dari berbagai latarbelakang pekerjaan, mulai dari santri, mahasiswa, pelaku bisnis, bahkan ibu rumah tanggapun juga hadir dalam acara tersebut.

Antusiasme warga Ponorogo yang besar menambah semangat Kang Ivan dalam menyampaikan materinya. Ia menyampaikan kisah suka dukanya dalam dunia online shop, yang sudah ia mulai sejak 5 tahun silam. “Untuk memulai bisnis, kita harus punya faktor penekan” Kata Kang Ivan memulai cerita soal kegagalannya dalam usaha yang pernah dijalaninya pernah merugi ratusan juta rupiah dan menyisakan hutang. Faktor penekan itulah yang membuat Kang Ivan berfikir keras supaya dia bisa bangkit dari kegagalan dan segera melunasi hutang-hutangnya. Dan pilihan itu jatuh pada bisnis Online.

Pemaparan langsung lika-liku bisnis internet marketing dari pelaku asli tampak membuka harapan besar dari para peserta untuk ikut sukses dalam dunia internet marketing. Kang Barok selaku ketua panitia mengaku bahagia dan bangga, acara yang dia dan teman-teman IMNU Ponorogo adakan, menambah semangat peserta untuk siap sukses dalam bisnis internet marketing. Karena sejalan dengan visi-misi NU dalam pemberdayaan umat khususnya didibang ekonomi.

Tindak lanjut dari pelatihan ini adalah peserta diharapkan mampu secara mandiri menjalankan bisnis internet marketing. Untuk itu, dari 50 peserta yang ada akan dibentuk kelompok-kelompok kecil. Dari kelompok-kelompok kecil tadi akan dilakukan mentoring intensif oleh para sahabat IMNU Ponorogo, seperti Kang Gofur, Kang Ade, Kang Zam, dan Kang Barok sendiri yang sekaligus sebagai ketua panitia.

Jangan pula dilupakan, suksesnya acara ini juga berkat dukungan dari HMJ Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, INSURI Ponorogo yang sekaligus sebagai panitia lokal, dan beberapa Banom NU seperti : GP Ansor, Fatayat, IPNU, dan IPPNU Ponorogo. Juga tentu ada dukungan moral spiritual dari sesepuh NU Ponorogo.

Semoga acara semacam ini lebih banyak digelar diberbagai daerah di Indonesia. Diharapkan pelatihan internet marketing seperti ini dapat membawa manfaat yang besar bagi Nahdiyin sebagai upaya pemberdayaan ekonomi. Selain itu pelaku bisnis internet marketing juga dapat membantu memerangi hoax dan menebarkan Islam yang ramah, Islam cinta damai, dan Islam yang rahmatan lil ‘alamin. (Adb/Ans)

PAC IPNU-IPPNU Bungah Siap Berdikari Sejak Dini Dengan Sosial Media

PAC IPNU-IPPNU Bungah Siap Berdikari Sejak Dini Dengan Sosial Media

IMNU.or.id – PAC IPNU-IPPNU Bungah Siap Berdikari Sejak Dini Dengan Sosial Media – Pada hari sabtu tanggal 3 Maret 2018, IMNU bersama IPNU dan IPPNU PAC Kecamatan Bungah Gresik mengadakan Pelatihan Internet Marketers di Gedung SMK Assa’adah Sampurnan Bungah Gresik. Acara yang dilaksanakan dengan tema Berdikari Sejak Dini dengan Pemanfaatan Sosial media ini di hadiri oleh 25 orang yang berasal dari PAC IPNU-IPPNU se Kabupaten Gresik.

Materi Pelatihan dibawakan oleh beberapa orang diantaranya yaitu Nidlomuddin Ar Raffii yang memberikan materi tentang pentingnya personal branding untuk membentuk sebuah market di Facebook sehingga nantinya bisa digunakan untuk banyak hal, khususnya jualan dan menebarkan konten yang positif.

Selanjutnya materi dilanjutan oleh Ja’far Shodiq atau biasa di panggil Mas Jack. Disini, Mas Jack memeberikan pengetahuan dasar tentang cara melakukan editing video menggunakan software software yang mudah digunakan dan tentu saja dengan hasil yang menarik untuk dapat dinikmati banyak pihak di Youtube, mulai dari Videografi, Sinematografi dan cara melakukan Optimasi Personal Youtube Channel.

Kemudian, ada juga materi dadakan tentang How To blogging yang disampaikan oleh Jefri yang merupakan seorang Writter dari Personal Blog yang sudah mulai menikmati hasil jerih payah menulis konten secara manual. Jefri menuturkan bahwa di dunia Internet tidak ada yang instant, harus ada proses belajar dari setiap kesalahan yang dilakukan di setiap waktunya. Jefri sendiri bercerita bahwa sebelum bisa berpenghasilan, dia pernah 12 bulan nge-Blog tanpa hasil sedikitpun

Terakhir, materi disampaikan oleh Teguh Hadi Santoso yang merupakan Owner dari VIP Academy. Disini, Teguh memberikan materi tentang bagaimana mudahnya menjual sebuah produk dengan menggunakan Platform Youtube. Selain itu, Om Teguh -sapaan akrab beliau- juga menegaskan bahwa mindset sebagai seorang marketers perlu dipahami sejak awal, sehingga nantinya teman teman PAC IPNU-IPPNU tidak lagi bingung antara memilih menjadi Produsen atau Marketers. Pada kesempatan ini juga, Om Teguh mengajarkan secara langsung kepada peserta langkah-langkah cepat untuk bisa memanfaatkan Youtube sebagai sebuah sarana mengenalkan Produk yang nantinya bisa dijual.

Harapannya, pelatihan ini tidak hanya berhenti sampai disini, tetapi akan bisa melahirkan pelatihan-pelatihan lain sehingga bisa menjadi sebuah komunitas marketers yang kondusif di Wilayah Gresik.