IMNU Sumedang Berikan Pelatihan Gratis Untuk Guru Ngaji

Pelatihan IMNU Sumedang

IMNU.or.idIMNU Sumedang Berikan Pelatihan Gratis Untuk Guru Ngaji – Saat ini bisnis online merupakan salah satu solusi bagi generasi milenial untuk meningkatkan pendapatan. Membangun bisnis online yang profitable adalah impian banyak orang. Kehadiran IMNU menjadi angin segar bagi warga nahdliyin dan masyarakat untuk bisa belajar bisnis online.

Sejak dibentuk dan diresmikan pada 5 Agustus 2017, IMNU terus berupaya untuk menjadi salah satu pelopor kebangkitan ekonomi digital bagi warga nahdliyin.

Menyambut hari santri, IMNU sendiri mengadakan pelatihan bisnis online berbagai daerah. Salah satu pelatihan yang dijalankan yaitu Workshop Toko Online Revolution. Workshop yang biasanya digelar dengan mahar sekitar 1.500.000,- ini diberikan secara gratis bagi santri, guru ngaji dan pengurus GP Ansor Kab.Sumedang. Selain dari Sumedang ada juga peserta yang rela berangkat dari kota lain seperti Bandung, Jakarta, Yogyakarta bahkan Surabaya.

Peserta Pelatihan IMNU Sumedang

Sebagai salah satu Founder IMNU, Kang Fahmi mengatakan “Bisnis toko online ini menjadi salah satu solusi bagi siapapun dia yang ingin maju dalam segi ekonomi, tanpa modal yang besar, semua orang bisa memiliki toko online.”

Kang Fahmi juga berpesan bahwa saat ini saantri harus benar-benar mandiri dari segala sisi, salah satunya mandiri dari segi ekonomi. “Walaupun santri itu Cuma sarungan doang, tapi penghasilan seorang santri harus juga gede. Agama akan kuat jika ekonomi kuat” jelasnya.

Dalam pelatihan ini, IMNU Sumedang bekerjasama dengan Doddy Rahman sebagai owner dari Toko Online Revolution atau lebih dikenal dengan TOR. TOR merupakan sebuah tools yang bisa digunakan untuk membuat Toko Online secara masif tanpa harus memikirkan Iklan. Tools yang dijual dengan harga satu juta setengah ini sudah digunakan oleh ribuan pembisnis online di Indonesia.

Dody Rahman secara khusus memberikan hak akses gratis pada IMNU Sumedang sebagai kado istimewa untuk kalangan santri di Kab.Sumedang. “Santri itu jangan kalah sama orang yang bukan santri, tapi harus jadi pioner dalam kemandirian… dan ini hadiah dari saya buat para santri.” Paparnya pada Workshop Freemium ini.

Bapak Hendra Hidayat sebagai salah satu pengurus GP Ansor sangat antusias mengikuti workshop ini, menurutnya “karena bagaimanapun bisnis online adalah trend masa kini dan pemuda ansor juga harus bisa menjadi percontohan bagi yang lain.”

 

Hari Santri Semarang: Kirab Santri Berhadiah Umroh

Hari Santri Semarang

IMNU.or.idHari Santri Semarang: Kirab Santri Berhadiah Umroh Sejak petang (22 Oktober) Makam Pahlawan Semarang sudah dipadati oleh ribuan warga dan santri untuk melantunkan doa kepada pahlawan sebagai rasa syukur dan terimakasih atas penjuangan mereka dalam mempertahankan perjuangan Indonesia.

“Sebelum berkumpul di Simpang Lima, ribuan santri akan mengadakan tahlil di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal dan dilanjutkan Kirab Santri menuju Simpang Lima” kata Ketua Tanfidziyah PCNU KH Anasom dalam rilisnya (17/10).

Selanjutnya ribuan santri dari beberapa pesantren, kampus dan beberapa yayasan Islam di daerah semarang melaksanakan kirab santri, berjalan dari makam pahlawan hingga panggung utama yang berada di lapangan simpang lima dengan berbagai macam kreasi, tanpa sedikit lelah, bahkan semangat menggelora mereka terus berjalan dengan sholawar nariyah dan lagu yalal wathon yang terus menggema sepanjang jalan.

Rasa lelah mengikuti rangkaian acara inipun sirna dan berubah menjadi kebahagiaan manis bagi para santri, karena panitia sudah mempersiapkan Doorprize menarik, mulai dari sepeda, kulkas, rice cooker, sarung hingga Umroh gratis yang di fasilitasi oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi, SE, MM. bekerja sama dengan PT. Kaisa Rossi salah satu biro pejalanan wisata,haji dan umroh kota semarang.

Dalam acara ini salah satu sahabat IMNU Eko Siswanto bertemu dengan pengurus IMNU Wilayah Semarang Mustofa Nabhan Syafiq dan keduanya berharap, pada hari Santri tahun depan IMNU bisa ikut turut andil dan berkontribusi dalam rangkaian acara hari santri semarang.

Tulisan ini Disadur dari laporan Saudara Eko Siswanto di Group Sahabar IMNU. (Moh Mufid Muwaffaq)

Tasikmalaya: IMNU Hadir di Tengah Lautan Santri

Tasikmalaya: IMNU Hadir di Tengah Lautan Santri

IMNU.or.id – Tasikmalaya: IMNU Hadir di Tengah Lautan Santri – Hari ahad 22 Oktober 2017, bertempat di lapangan upacara Dadaha ribuan santri dari seluruh pondok pesantren kota Tasikmalaya mengikuti apel akbar hari santri nasional ke tiga yang langsung di pimpin oleh bapak walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman.

Dalam pidatonya beliau mengatakan bahwa peran santri dan kiyai sangatlah besar dalam memerdekakan bangsa ini, terutama dalam menjalin persatuan dan kesatuan antar warga indonesia yang bertajuk pada peringatan hari santri nasional tersebut.

Dalam hal ini beliau menegaskan dan menekankan bahwa Santri harus mampu mempunyai daya saing yang tidak hanya sebatas Imtak, dalam masalah Iptek pun santri harus benar-benar menguasai.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa para tokoh alim Ulama, Instansi Pemerintah kota Tasikmalaya dan simpatisan Pondok Pesantren se-Kota Tasikmalaya.

Pada kesempatan dan waktu terbaik ini, beberapa tokoh pun turut dalam menanggapi kegiatan tersebut, salah satunya pendapat dan pandangan yang langsung dikemukakan oleh ketua umum IMNU kota Tasikmalaya Muhammad Asep Ramdhan Qusaeri.

“Alhamdulilah untuk momen kegiatan tahun ini bisa berjalan lancar sesuai dengan agenda yang telah direncanakan sebelumnya, sehingga dengan kegiatan tersebut bisa memupuk tali shilaturahmi antar umat muslim, khususnya dari para santri sendiri.

Karena dengan dedikasi yang lahir jiwa seorang santri tersebut mampu menghantarkan kemajuan dan kemerdekaan negara ini bisa terwujudkan sebagaimana makna yang hadir dari estafet perjuangan para Ulama.

Dan untuk IMNU sendiri beliau juga menambahkan akan pentingnya keseimbangan dan pengetahuan di bidang internet, sebagai upaya untuk bisa mengimbangi sekaligus memfilter dampak yang kurang baik dari penggunaa internet tersebut.

Nah, IMNU dalam hal ini yang merupakan sebuah organisasi kultural di bawah naungan NU merasa tergugah dan menjadi kewajiban untuk bisa berkontribusi dalam masalah seperti itu.

Khususnya dari kurang efektifnya dampak dari penggunaan internet, terlebih lagi dalam momen seperti hari santri ini adalah kesempatan terbaik untuk bisa menunjukan peran dan kontribusi IMNU terhadap semua hal yang berhubungan dengan umat khususnya bagi kaum Nahdliyin.

Begitulah tutup beliau dalam pandangannya mengenai kegiatan peringatan hari santri nasional ini.

Sambut Hari Santri, IMNU Adakan Pelatihan di Berbagai Lokasi

Sambut Hari Santri, IMNU Adakan Pelatihan di Berbagai Lokasi

IMNU.or.id – Sambut Hari Santri, IMNU Adakan Pelatihan di Berbagai Lokasi – Pada tahun 2015 yang lalu, tanggal 22 Oktober telah ditetapkan menajdi Hari Santri Nasional dan sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Masjid Istiqlal, penetapan ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap peran para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tentunya tanggal 22 Oktober sangat disambut antusias tak hanya oleh para santri itu sendiri, melainkan juga oleh berbagai elemen bidang pendidikan keagamaan baik di dalam maupun di luar Pondok Pesantren yang ada di Indonesia.

Di Hari Santri Nasional yang akan jatuh esok hari juga menjadi dimanfaatkan betul oleh Komunitas Internet Marketres Nahdlatul Ulama’ atau yang lebih dikenal dengan IMNU ini. Komunitas yang juga akrap disana I’m NU ini menggelar pelatihan Internet Marketing di berbagai daerah untuk kalangan umum khususnya masyarakat Aswaja An Nahdliyah. Setidaknya ada tiga pelatihan Internet Marketing yang diantaranya dilaksanakan di Kabupaten Magelang, Kabupaten Sumedang, dan juga Kabupaten Tuban.

Di Kabupaten Sumedang, Kang Fahmi Baihaqi bekerja sama dengan GP Ansor Sumedang mengadakan pelatihan Internet Marketing dengan tema “Membuat Ribuan Toko Gratis!! Dengan Satu Sentuhan Tangan” yang bertepat di Pondok Pesantren Asyrofuddin, dimana Kang Fahmi Baihaqi juga merupakan salah satu pengasuh di pondok pesantren tersebut.

Pelatihan Internet Marketers di Sumedang

Tentunya pelatihan ini sangatlah bermanfaat bagi para pemilik UKM (Usaha Kecil Menengah) yang mana produk mereka bisa dipasarkan melalui Internet. Terlebih lagi menurut penelitian terakhir masyarakat Indonesia semakin lama semakin cenderung untuk berbelanja melalui Online Shop ketimbang konvensional. Selain itu kita juga dapat lebih mengenal strategi bisnis dibeberapa Market Place terkenal seperti Lazada, BukaLapak, Tokopedia, hingga Shopee dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak jauh berbeda dengan pelatihan yang digawangi oleh Kang Fahmi Baihaqi, Om Nano Payaman juga melakukan hal yang sama untuk daerah ia tinggal yakni di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bahkan pelatihan yang Om Nano berikan kali ini adalah yang kedua kalinya setelah pada bulan September lalu mengadakan pelatihan Internet Marketing periode pertama. Di pelatihan kali ini Om Nano mengangkat tema “Cara Cerdas Berdakwah Lewat Media Sosial” dimana dalam satu tahun terakhir dunia medsos Indonesia diuji dengan banyaknya berita hoax dan perselisihan akibat perbedaan pendapat. Namun tak hanya itu saja, Om Nano juga akan membongkar bagaimana sih kita bisa mendapatkan penghasilan melalui media sosial seperti Facebook dan kawan-kawanya.

Pelatihan Internet Marketers di Grobogan

Sedangkan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur ada nama Kang Habib yang juga mengadakan pelatihan Internet Marketing guna menyambut Hari Santri Nasional 2017. Pelatihan yang diadakan bekerja sama dengan GP Ansor Kabupaten Tuban ini jelas sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tuban dan sekitarnya karena cukup jarang sekali diadakan pelatihan Internet Marketing secara gratis kepada masyarakat umum.

Pelatihan Internet Marketers di Tuban

Sesuai dengan slogannya “Kami Ada Untuk Indonesia” IMNU hadir mencoba untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia melalui bidang Internet Marketing. So, kamu mau ikut pelatihan yang mana gaess ? 🙂

Awenk Audico: IM Adalah Tentang Fokus dan Percepatan

Awenk Audico: IM Adalah Tentang Fokus dan Percepatan

IMNU.or.id – Awenk Audico: IM Adalah Tentang Fokus dan PercepatanSaat ini, banyak sekali pelaku Internet Marketing (IM) di Indonesia yang tumbuh dan berkembang dengan cara yang sangat diluar dugaan. Beberapa orang misalnya, memulainya karena desakan ekonomi, ada juga yang memulai karirnya karena hobi semata. Hal seperti ini juga kita temukan dalam diri Awenk Audico, salah seorang anggota IMNU yang kemudian rela meninggalkan bangku kuliahnya untuk bisa lebih fokus di dunia IM.

Dalam wawancara yang kita lakukan di kediamannya di wilayah tegal, Awenk -sebutan akrab- mengatakan bahwa dirinya hanya kuliah hingga semester 4 lalu drop out, dan memilih untuk menekuni bidang internet marketing. Dia memulai karirnya dengan menjadi seorang sales makanan ringan, Roti hingga berjualan gesek (ikan asin) alasan dia sepele yaitu dia ingin melatih mental dia di dunia nyata yang menurut dia jauh berbeda dengan teori yang ada di dunia akademis. . Pemikiran ‘nyeleneh’ seperti ini didapatkan sejak dia  membaca buku Robert Kiyosaki dan Sharon Lechter dengan judul Rich Dad Poor Dad Di tahun 2004 . Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa sekolah itu tidak ada hubungannya dengan uang  hingga suatu saat dia berfikir jika apa yang di jalaninya sekarang bukanlah suatu keputusan yang tepat sebab menurut dia jualan ofline bukan pashion dia, dia teringat akan mimpi – mimpi dia waktu masih duduk di SMA yaitu ingin mendapatkan penghasilan dari internet yang saat itu belum booming, diapun kemudian mencari fakta dan alasan kenapa dia harus terjun ke dunia online dan dia pun mendapatkan fakta yang menarik yaitu :

  1. Internet mampu mengalahkan TV dan radio untuk mendapatkan 100jt pengguna dalam waktu 3 tahun, computer butuh waktu 4 tahun dan radio butuh waktu 16 tahun
  2. Inovasi tercepat di dunia ini di duduki oleh google
  3. Jeff Bezos (Pendiri amazon.com) merupakan orang tercepat dalam mengumpulkan uang sebesar 1 juta dollar
  4. Gelar orang terkaya di dunia ini di pegang oleh Bill gates pendiri Microsoft

Setelah melihat fakta – fakta itu akhirnya Awenk memutuskan untuk bekerja di warnet selama tiga tahun, keputusan itu di ambil sebab saat itu untuk membeli kuota online saja dia tidak mampu jadi selain bisa online gratis dia juga bisa belajar disitu. Dalam kurun waktu tersebut ia akhirnya mampu belajar bagaimana cara mengahasilkan uang lewat internet. Pada tahun 2007 menjadi titik awal dimana dia terjun di dunia internet marketing dengan bermain Google Adsense, namun ternyata dia tidak beruntung di situ sebab dia tidak mendapatkan hasil dari bisnis Google Adsense,  Dia pun beralih bermain amazon dan dari situlah pertamakali dia bisa menikmati jerih payah dia , dia bisa menghasilkan uang sebesar $ 1500 dan saat itu uang segitu menurut dia sangat besar

Order Harian dari Online Shop Awenk Audico

 

Namun karna saat itu amazon melakukan Banned masal pada publishernya dia pun pindah bermain CPA, dari CPA dia bisa mendapatkan hasil sekitar 40 Jt dalam tempo 2 minggu tanpa karyawan, melihat peluang yang sangat besar pada CPA akhirnya diapun memutuskan untuk mempekerjakan 80 karyawan, pundi pundi dolarpun dia kumpulkan , Namun karna beberapa isu yang ada di CPA dia pun memutuskan untuk meninggalkan CPA sebab ada perang batin yang teramat kuat disitu,  Untuk itu, dengan ketidaknyamanan yang dia rasakan, Awenk kemudian beralih dengan meninggalkan CPA Network dan fokus ke dunia Online Shop. Awalnya, dia sangat pesimis dan ragu apakah pendapatan dari online shop bisa lebih tinggi dari CPA?  Namun keraguanya kini terbayar, dari olshop lokal dia mampu mengantongi profit 50jt – 100jt per hari terutama pada hari2 tertentu dengan mengandalkan traffic sources facebook ads.

Menurut dia kunci utama dalam kesuksesan berbisnis adalah keberanian serta menerapkan factor kali dan factor tambah, factor kali misalnya kita buka bengkel mobil dan sudah terbukti menghasilkan dari situ kita buka cabang lebih banyak, nah kalua di olshop harus berani menambah karyawan serta menaikan budget iklan, sedangkan factor tambah misalnya kita tadinya menjual tahu dan terbukti sukses kita bisa menjual prodak lain yang berhubungan dengan tahu missal tempe dll, jika kedua itu di terapkan dengan tepat maka hasilnya akan jos gandos

Salah satu trik lain dari Awenk ketika seseorang ingin memasuki dunia bisnis yaitu meluaskan pergaulan dan sering berkumpul dengan komunitas komunitas secara rutin. Awenk sendiri dalam satu bulan minimal mengenal 1 orang yang sudah terbukti sukses di bidangnya dan belajar kepadanya,  Menurutnya hal ini lebih efisien daripada kita sibuk menghabiskan uang untuk mengikuti Workshop. Bahkan, semua ilmu internet marketing yang dia lakukan saat ini didapatkan dari komunitas atau kenalannya, niatkan untuk mencari teman seluas luasnya dan jangan niatkan untuk mencari uang, sebab jika dari awal kita sudah meniatkan mecari uang / memanfaatkan teman atau relasi mungkin kita akan mendapatkan uang namun kita akan banyak kehilangan teman / relasi. Namun jika dari awal kita berniat bersilaturahmi maka uang akan dating dengan sendirinya

Reporter: Azfar Fahmi

Transkrip: Muhammad Jefri

Penyelaras: Moh Mufid Muwaffaq

Bacaan Niat Puasa Muharam

IMNU.or.id – Bacaan Niat Puasa Muharam – Awal bulan Muharam, tepatnya tanggal 9 dan 10 Muharam, umat islam disunahkan menjalankan ibadah puasa yang biasanya disebut puasa Tasu’a (9 Muharam) dan Asyura (10 Muharam). Niat merupakan. Bagian penting dari ibadah puasa sunah ini adalah niat. Dalam tulisan ini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana bacaan niat puasa sunah muharam

Bacaan Niat Puasa Muharam

Niat diucapkan seseorang dalam hati manakala orang tersebut hendak  melakukan ibadah baik ibadah sunah maupun wajib. Pada saat seseorang melafadzkan niat, ia menyatakan maksudnya tersebut dalam hati (qashad). Niat merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalankan setiap ibadah, sesuai dengan hadits niat dari Rosulullah SAW bahwa segala sesuatu itu bergantung pada niat. Oleh karena itu niat merupakan salah satu rukun puasa dan juga ibadah-ibadah lainnya

Pada saat menyampaikan maksud ibadah tersebut dalam hati (qashad), dalam hal ini ibadah puasa sunah bulan muharam, ia juga harus menyebutkan hukum dari ibadah tersebut, apakah puasa wajib atau puasa sunah atau istilahnya (ta’arrudh).  Selain qashad dan ta’arrudh, ia juga harus menyebutkan nama ibadahnya apa (ta’yin)

Terkait niat puasa muharam tanggal 9 dan 10 muharam, terdapat perbedaan pendapat antar sesama ulama islam (khilafiyah). Ini adalah hal yang wajar dan bisa diterima.  Perbedaan tersebut adalah sebagian para ulama menyatakan bahwa ketika seseorang berniat, ia harus mengingat ‘puasa sunah Asyura’ di dalam hatinya. Kemudian sebagian ulama lain menyatakan bahwa ketika berniat, ia tidak wajib ta’yin. Penjelasan mengenai hal ini dapat dijelaskan oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami sebagai berikut.

وْلُهُ نَعَمْ بَحَثَ إلَخْ ) عِبَارَةُ الْمُغْنِي وَالنِّهَايَةِ وَالْأَسْنَى فَإِنْ قِيلَ قَالَ فِي الْمَجْمُوعِ هَكَذَا أَطْلَقَهُ الْأَصْحَابُ وَيَنْبَغِي اشْتِرَاطُ التَّعْيِينِ فِي الصَّوْمِ الرَّاتِبِ كَعَرَفَةَ وَعَاشُورَاءَ وَأَيَّامِ الْبِيضِ وَسِتَّةٍ مِنْ شَوَّالٍ كَرَوَاتِبِ الصَّلَاةِ أُجِيبُ بِأَنَّ الصَّوْمَ فِي الْأَيَّامِ الْمَذْكُورَةِ مُنْصَرِفٌ إلَيْهَا بَلْ لَوْ نَوَى بِهِ غَيْرَهَا حَصَلَ أَيْضًا كَتَحِيَّةِ الْمَسْجِدِ ؛ لِأَنَّ الْمَقْصُودَ وُجُودُ صَوْمٍ فِيهَا ا هـ زَادَ شَيْخُنَا وَبِهَذَا فَارَقَتْ رَوَاتِبَ الصَّلَوَاتِ ا ه

Artinya, “Perkataan ‘Tetapi mencari…’ merupakan ungkapan yang digunakan di Mughni, Nihayah, dan Asna. Bila ditanya, Imam An-Nawawi berkata di Al-Majmu‘, ‘Ini yang disebutkan secara mutlak oleh ulama Syafi’iyyah. Semestinya disyaratkan ta’yin (penyebutan nama puasa di niat) dalam puasa rawatib seperti puasa ‘Arafah, puasa Asyura, puasa bidh (13,14, 15 setiap bulan Hijriyah), dan puasa enam hari Syawwal seperti ta’yin dalam shalat rawatib’. Jawabnya, puasa pada hari-hari tersebut sudah diatur berdasarkan waktunya.

Tetapi kalau seseorang berniat puasa lain di waktu-waktu tersebut, maka ia telah mendapat keutamaan sunah puasa rawatib tersebut. Hal ini serupa dengan sembahyang tahiyyatul masjid. Karena tujuan dari perintah puasa rawatib itu adalah pelaksanaan puasanya itu sendiri terlepas apapun niat puasanya. Guru kami menambahkan, di sinilah bedanya puasa rawatib dan sembahyang rawatib,” (Lihat Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami, Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj)

Berikut bacaan niat puasa Tasu’a sebagaimana yang dianjurkan para ulama

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatit Tasû‘â lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Tasu‘a esok hari karena Allah SWT.”

Berikut bacaan niat puasa Asyura sebagaimana yang dianjurkan para ulama

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatil âsyûrâ lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.”

Menurut mazzhab Syafi’i, hanya puasa wajib yang diharuskan mengucapkan niat di malam hari, sedangkan untuk puasa sunah, ia dapat mengucapkan niatnya ketika pagi hari atau siang hari selama ia belum makan, minum dan hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh

Berikut anjuran bacaan niat puasa sunah Tasu’a atau Asyura di siang hari.

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء أو عَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnatit Tasû‘â awil âsyûrâ lillâhi ta‘âlâ

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Tasu’a atau Asyura hari ini karena Allah SWT.” Wallahu a’lam.

Sumber: NU Online

10 Muharram, LTN PBNU Rilis Web Layanan Nahdliyin

Tampilan Web Layanan Nahdiyin

IMNU.or.id- 10 Muharram, LTN PBNU Rilis Web Layanan Nahdliyin – Umat Islam di seluruh dunia baru saja memasuki tahun baru 1439 H. Melihat momen ini, Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama atau yang lebih dikenal dengan LTN PBNU sebagai pusat komando Informasi Nahdlatul Ulama kembali meluncurkan Website berbasis layanan untuk warga NU. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua LTN PBNU bapak Hari Usmayadi, M.Kom, M.M dalam akun Facebooknya.

Website layanan Nahdliyin ini diluncurkan tepat pada hari Assyura tangga 10 Muharram 1439 H. Website ini bertujuan untuk membantu memberikan solusi akan kebutuhan jamaah nahdliyin yang meliputi Kalkulator Zakat, Cari Ustadz, Info Pesantren, Sekolah, Perguruan Tinggi, Buku dan Koleksi Perpustakaan PBNU, Aplikasi Islami, Mesin Pencari NU, dan biografi Ulama serta info Ziarah, serta Tuntunan Ibadah yang beralamat di www.nahdlatululama.id.

Layanan Kalkulator Zakat memberikan kemudahan bagi kalangan awam untuk menghitung zakat yang harus dikeluarkan untuk selanjutnya diarahkan untuk membayar zakat ke LazisNU sebagaimana arahan dari Ketua Lazisnu Pusat, KH Syamsul.

Sementara Cari Ustadz dengan berkolaborasi dengan Lembaga Dakwah NU menampilkan data profil ustadz sesuai wilayahnya, sementara ini masih wilayah Jawa dan Bali, sehingga memberikan kemudahan bagi perkantoran yang mencari ustadz untuk keperluan katib Jum’at, kajian keIslaman, dll.

Mesin Pencari memberikan kemudahan dan jaminan keselamatan pencarian artikel keIslaman, karena hasil pencarian yang bersumber dari Google sudah difilter sedemikian rupa untuk keselamatan jamaah nahdliyin. Web ini juga menyajikan lebih dari 6.000 judul buku yang selama ini tersimpan di perpustakaan PBNU, sehingga memberikan kemudahan bagi para pencari literatur keislamaan ahlussunnah wal jamaah annahdliyah.

Bapak Hari Usmayadi, M.Kom, MM, menyampaikan harapannya agar layanan ini dapat bermanfaat bagi jamaah nahdliyin meskipun masih rilis versi beta, sementara pengembangan aplikasi lainnya dan pengakayaan data masih terus berjalan dan menjadi project yang berkesinambungan. (/Admin)

sumber: MoslemForAll